Senin, 17 Desember 2012

Price Discounts And Allowances



http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/838/813

Tugas Soal No 2 : Take  Home Test Scientific Research Articles

Soal :
1. Bagaimanakah kebijakan promosi Perusahaan PT. Muncul Mekar dalam melakukan pemberian diskon harga dan tunjangan (Price discounts and Allowances) pada strategi pemasaran produk permen tolak angin?
Jawaban :
  Kebijakan promosi yang dilakukan PT. Muncul Mekar yaitu memilih bauran promosi penjualan (sales promotion) dengan kegiatan  trade promo dan consumer promo.
Trade Promo merupakan suatu aktifitas perusahaan untuk meningkatkan penjualan yang ditujukan kepada pelanggan grosir maupun retail dengan cara memberikan hadiah sebagai kompensasi. Pembagian hadiah ini diserahkan kepada sub perwakilan yang berada didaerah masing-masing yang berhasil mengumpulkan bungkus atau dus kosong untuk ditukar dengan hadiah-hadiah yang telah disediakan oleh PT. Muncul Mekar. Untuk menentukan jumlah hadiah sangat tergantung dengan keaktifan grosir didaerah masing-masing, jika grosir didaerah masing-masing kurang aktif maka pemberian hadiah juga akan sedikit. Hal ini memang tidak secara langsung  mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen akan tetapi bisa merangsang keaktifan para grosir atau retail dalam menjual produk permen tolak angin kepada konsumen. Karena setiap penukaran dus/karton permen tolak angin akan  mendapatkan sejumlah hadiah yang telah diprogramkan. Selain itu terdapat aktifitas sponsorship event yang dilakukan perusahaan dengan melakukan seminar-seminar dan ceramah diberbagai kota yang telah ditunjuk. Hal ini dimaksudkan agar para calon pembeli mengerti akan kegunaan dan khasiat yang diberikan oleh permen tolak angin.  

 Consumer Promo adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan minat beli dan lebih mengenalkan produk kepada konsumen. Disini para konsumen diberikan berupa sampel permen tolak angin secara gratis untuk mencobanya dengan harapan konsumen tertarik rasanya dan mempunyai keinginan untuk membelinya. Dengan dilakukannya kegiatan outdoor, perusahaan bisa melihat  coverage  produk dan peluang pasar dari produk permen tolak angin ini. Disamping itu dipengaruhi oleh faktor cuaca atau musim, musim penghujan yang biasanya terjadi pada akhir tahun dan memasuki awal bulan di tahun yang baru, membuat banyak konsumen membutuhkan permen tolak angin untuk menjaga daya tahan tubuh, mengobati masuk angin karena kehujanan, serta menghangatkan badan, melegakan pernafasan dan tenggorokan. Dengan adanya hal tersebut pengecer beranggapan untuk menjual produk permen Hal ini akan berdampak efektif bagi masyarakat yang belum pernah mencoba produk ini sehingga akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 

2. Bagaimanakah strategi perusahaan tentang kebijakan pengalokasian biaya distribusi, terkait dengan pemberian discount harga dan tunjangan (Price discounts and Allowances) yang dilakukan Perusahaan PT. Muncul Mekar?
Jawaban :
Kebijakan pengalokasian biaya distribusi yang dilakukan oleh PT. Muncul Mekar untuk melakukan kegiatan distribusi belum berhasil meningkatkan volume penjualan. Ini disebabkan biaya distribusi meningkat di sejumlah sub perwakilan akan tetapi memberikan kontrisbusi penjualan yang sedikit. Ini juga disebabkan oleh pengaruh letak geografisnya dan jumlah persebaran penduduk disejumlah tempat pendistribusian permen tolak angin sehingga permintaan terhadap produk tolak angin menjadi belum optimal.
Menurut mulyadi (2005:488) biaya distribusi merupakan bagian dari keseluruhan biaya pemasaran yang meliputi: Biaya transportasi (biaya transportasi ini merupakan sekumpulan biaya-biaya yang meliputi: biaya angkutan umum dan kontrak seperti biaya kereta api, biaya sewa truck,biaya perawatan armada, biaya angkutan udara dan biaya angkutan laut Biaya administrasi distribusi ). Biaya administrasi distribusi meliputi: biaya gaji karyawan maupun upah tenaga kerja fisik
Pendistribusian yang dilakukan PT Muncul Mekar Semarang sebagai distributor didaerah Jawa tengah berwenang untuk melakukan penjualan dengan cara mendistribusikan semua produk dari Sido Muncul kepada Sub Perwakilan yang berada didaerah Jawa Tengah sedangkan dari masing-masing sub perwakilan tersebut memiliki otonomi wilayahnya sendiri untuk memasarkan produknya. Diharapkan dengan adanya otonomi wilayah dari masing-masing lingkup sub perwakilan tersebut, produk dapat terpenetrasi dengan baik pada tiap-tiap daerah dan masing-masing sub perwakilan bisa melakukan tugas pendistribusiannya dengan maksimal. Adapun langganan dari Sub Perwakilan adalah toko retail, whorksaler, super market, hypermarket, serta toko obat dan apotek. Kemajuan dalam pengangkutan telah meningkatkan macam ragam barang yang tersedia untuk dikonsumsi sehingga distribusi barang dapat dilakukan dengan cepat. Hal ini diterapkan PT. Muncul Mekar dengan melakukan penambahan armada truk agar pendistribusian bisa lancar. Untuk menunjang kegiatan tersebut perusahaan melakukan perawatan armada atau service setiap bulannya. Selain itu pemberian sejumlah gaji/ insentif yang bertujuan agar para supir atau pengangkut perusahaan menjadi lebih giat untuk mendistribusikan tepat waktunya. Pendistribusian akan berpengaruh terhadap penjualan apabila terdapat perluasan daerah distribusi dan ketersediaan sebuah produk dimasing-masing daerah sehingga konsumen akan dengan mudah mendapatkan produk tersebut. Perusahaan belum melakukan perluasan daaerah distribusi maka tidak berpengaruh langsung terhadap volume penjualan. Tidak signifikannya hasil penelitian disebabkan adanya faktor lain selain biaya distribusi. Beberapa sub perwakilan yang membutuhkan biaya distribusi yang tinggi tidak memberikan pendapatan yang besar bagi perusahaan, penyebab perubahan biaya disebabkan oleh berubahnya aktivitas dalam melakukan kegitan distribusi.
3.  Apakah ada pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan permen tolak angin Sido Muncul pada  PT. Muncul Mekar jika dikaitkan dengan pemberian discount harga dan tunjangan (Price discounts and Allowances) ?
Jawaban :
Dari hasil statistik diketahui bahwa biaya promosi biaya promosi terhadap volume penjualan permen tolak angin Sido Muncul pada  PT. Muncul Mekar dapat mempengaruhi volume penjualan (dalam karton). Hal ini memang tidak secara langsung  mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen akan tetapi bisa merangsang keaktifan para grosir atau retail dalam menjual produk permen tolak angin kepada konsumen. Karena setiap penukaran dus/karton permen tolak angin akan  mendapatkan sejumlah hadiah yang telah diprogramkan.
Biaya promosi adalah pengorbanan ekonomis yang dikeluarkan perusahaan untuk melakukan promosinya oleh Rangkuti (2009:56). Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai tujuan usaha maka perusahaan memerlukan biaya. Dengan demikian setiap tindakan yang akan dilakukan oleh perusahaan berkaitan dengan biaya promosi harus dipikirkan secara matang agar dapat dipertanggung jawabkan sebagai keputusan dari pihak manajemen. Biaya promosi merupakan satuan nilai tukar, prasyarat atau pengorbanan yang dilakukan untuk memperoleh manfaat. Biaya promosi juga disebut sebagai pengorbanan ekonomis yang menjadi beban perusahaan untuk melaksanakan kegiatan promosinya.

4.  Apakah ada pengaruh biaya distribusi terhadap volume  penjualan permen tolak angin Sido Muncul pada  PT. Muncul Mekar jika dikaitkan dengan pemberian discount harga dan tunjangan (Price discounts and Allowances)?
Jawaban :
Dari hasil statistik diketahui bahwa biaya distribusi tidak berpenaruh terhadap volume penjualan. Pendistribusian yang dilakukan PT Muncul Mekar Semarang sebagai distributor didaerah Jawa tengah berwenang untuk melakukan penjualan dengan cara mendistribusikan semua produk dari Sido Muncul kepada Sub Perwakilan yang berada didaerah Jawa Tengah sedangkan dari masing-masing sub perwakilan tersebut memiliki otonomi wilayahnya sendiri untuk memasarkan produknya. Diharapkan dengan adanya otonomi wilayah dari masing-masing lingkup sub perwakilan tersebut, produk dapat terpenetrasi dengan baik pada tiap-tiap daerah dan masing-masing sub perwakilan bisa melakukan tugas pendistribusiannya dengan maksimal. Adapun langganan dari Sub Perwakilan adalah toko retail, whorksaler, super market, hypermarket, serta toko obat dan apotek. Kemajuan dalam pengangkutan telah meningkatkan macam ragam barang yang tersedia untuk dikonsumsi sehingga distribusi barang dapat dilakukan dengan cepat. Hal ini diterapkan PT. Muncul Mekar dengan melakukan penambahan armada truk agar pendistribusian bisa lancar. Untuk menunjang kegiatan tersebut perusahaan melakukan perawatan armada atau service setiap bulannya. Selain itu pemberian sejumlah gaji/ insentif yang bertujuan agar para supir atau pengangkutperusahaan menjadi lebih giat untuk mendistribusikan tepat waktunya.
5.  Apakah ada pengaruh biaya promosi dan biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan permen tolak angin Sido Muncul pada PT. Muncul  Mekar jika dikaitkan dengan pemberian discount harga dan tunjangan (Price discounts and Allowances)?
Jawaban :
Dari hasil statistik biaya promosi dan biaya distribusi secara bersama dapat mempengaruhi volume penjualan.
Kebijakan pengalokasian biaya promosi yang dilakukan PT. Muncul Mekar  melalui program  trade promo dan consumer promo. Pembeli (retail) tertarik membeli produk tolak angin karena akan mendapatkan hadiah bila membeli dalam jumlah tertentu dengan demikian bisa meningkatkan volume penjualan. Selain itu calon pembeli baru juga tertarik untuk melakukan pembelian, ini dikarenakan progran consumer promo yang membagi-bagikan produk permen tolak angin secara gratis sehingga para calon pembeli merasakan manfaat dan khasiat dari produk permen tolak angin.
Kebijakan pengalokasian biaya distribusi yang dilakukan oleh PT. Muncul Mekar untuk melakukan kegiatan distribusi belum berhasil meningkatkan volume penjualan. Ini disebabkan biaya distribusi meningkat di sejumlah sub perwakilan akan tetapi memberikan kontrisbusi penjualan yang sedikit. Ini juga disebabkan oleh pengaruh letak geografisnya dan jumlah persebaran penduduk disejumlah tempat pendistribusian permen tolak angin sehingga permintaan terhadap produk tolak angin menjadi belum optimal.
 
DAFTAR PUSTAKA

Algifari. 1997. Analisis Regresi Teori, Kasus,dan Solusi. Yogyakarta: BPFE
Arikunto,Suharmisi. 2006 . Prosedur Penelitian Untuk Suatu Pendekat Praktik.   Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali, Imam. 2006.  Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip
Handoko,Tani. 1999 . Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE
Kotler,Philip. 1995. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo
Kotler,Philip dan Amstrong. 2004.  Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kesembilan. Jakarta : PT. Indeks
Matz and Usry F. Milton.1988.  Cost Accounting. 9th Edition, South Western: Thomson Learning.
Priyatno,Duwi. 2009.  5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: CV.Andi  Offset
Rangkuti, Freddy. 2009.   Strategi  Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus  Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT.  Gramedia Pustaka Utama.
Singaribuan,Masri dan Efendi Sofian. 2006.  Metode Penelitian Survai. Jakarta:  LP3ES
Sudjana.1998. Statistika Untuk Ekonomi dan Niaga II. Bandung: Tarsito
Swastha, Basu. 1999. Saluran Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPFE
Swastha, Basu dan Irawan. 2002.  Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta: Liberty
Sugiyono. 2004.  Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung:CV ALFABETA
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran: Yogyakarta : Andi Offset
Usman, Husaini dan Purnomo.2006. Pengantar  Statistika II. Jakarta:SinarGrafika Offset

Tidak ada komentar:

Posting Komentar